Macam Macam Topi Pria

Home / Topi / Macam Macam Topi Pria

Bagi pria, topi sudah umum dikoleksi layaknya para wanita mengoleksi tas. Jadi, tak heran jika berbagai desain topi pria seperti fedora, newsboy atau baseball sering dipakai tak hanya sebagai pelindung kepala, tapi juga untuk estetika. Lalu apa saja desain topi yang paling sering dikoleksi oleh para pria modern?

Desain Topi Para Pria

Topi Baseball

Topi baseball merupakan salah satu jenis topi yang banyak dipakai orang. Desainnya yang santai cocok dikombinasikan dengan busana kasual seperti kemeja, kaos, jeans atau celana pendek.

Topi baseball lazimnya terbuat dari bahan yang agak tebal dengan emblem klub-klub baseball luar negeri di bagian depan. Warna topi ini juga beragam layaknya warna tim baseball yang diwakilinya.

Topi Fedora

Topi fedora pernah populer di kawasan Amerika pada tahun 1920-an hingga 1950-an. Topi ini identik dengan para gangster, agen rahasia dan orang-orang yang memiliki pekerjaan terlarang. Fedora memiliki desain khas yakni bagian sisi yang mendatar dan berukuran lebar kemudian meningkat hingga sedikit tertekuk ke atas di bagian belakang.

Topi Newsboy

Topi newsboy awalnya merupakan topi pekerja kelas bawah. Namun seiring dengan waktu topi ini mulai digemari oleh kalangan atas dan dipakai sebagai padanan busana baik kasual maupun formal.

Newsboy memiliki ciri khas berupa desain menyerupai baret dengan 8 panel serta tambahan ornamen kancing di bagian atas. Topi ini bisa terbuat dari material denim, wool atau kanvas.

Topi Tentara (Army Hat)

Topi tentara atau army hat merupakan topi yang terinspirasi oleh topi militer. Topi ini memiliki desain seperti topi baseball hanya saja desainnya agak kaku dengan tambal detail resleting di bagian samping. Warna topi yang terbuat dari bahan katun ini didominasi oleh hijau tua, hitam atau coklat muda.

Topi Panama

Panama merupakan topi khasdari Ekuador. Topi bertepi dari jerami ini memiliki desain layaknya topi fedora tapi memiliki tepian yang lebih lebar dan mendatar. Aslinya topi panama terbuat dari anyaman daun tanaman yang menyerupai palem, Carludovica palmata.

Saat ini banyak topi panama buatan Tiongkok yang menggeser topi panama asli dari Ekuador. Belum lagi dengan adanya permasalahan ekonomi yang dihadapi Ekuador mengakibatkan jumlah topi panama asli berkurang secara signifikan. Tak mengherankan jika topi panama asli dari Ekuador sulit bertahan di persaingan global.

Beanie

Beanie atau sering disebut dengan “kupluk” merupakan penutup kepala dan sering dipakai saat cuaca dingin. Tutup kepala ini terbuat dari kashmir atau wool sehingga mampu menghangatkan kepala.

Topi Twill Painter Hat

Topi twill painter hat atau topi pelukis terbuat dari bahan katun twill. Topi ini memiliki bentuk menyerupai baret lengkap dengan pengencang buckle sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran kepala. Topi ini lazimnya dijual dalam warna abu-abu, hitam atau biru tua.

Topi Boater

Selain topi fedora dan panama, ada lagi topi yang memiliki desain serupa yakni topi boaster. Topi boaster memiliki desain yang formal daripada topi panama maupun topi fedora.

Topi ini sering dipakai sebagai topi formal di musim panas. Boaster memiliki bagian atas yang rata dengan pita lebar serta agak kaku. Topi ini cocok dipakai sebagai padanan busana blazer maupun pakaian lounge.

Topi pria di atas merupakan topi-topi yang sering dipakai pria dan banyak dijual online maupun offline. Tak hanya membuat penampilan tampak stylish, beberapa topi ini juga cocok dipakai untuk suasana kasual maupun formal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: