Sekarang berhubungan dengan smartphone dan komputer sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Akan tetatpi radiasi sinar biru juga dapat membuat mata mudah lelah maka dari itu kita perlu kacamata radiasi untuk melindungi mata kita. Kacamata antiradiasi adalah kacamata yang memiliki lensa untuk melindungi mata dari bahaya radiasi sinar biru yang dikeluarkan oleh smartphone atau komputer.

Ciri Kacamata Radiasi Asli dan Palsu
https://kacamataradiasi.com/product/kacamata-anti-radiasi-mata-plus/

Kacamata antiradiasi dirancang dengan lapisan khusus yang mampu meredam sinar biru yang akan masuk ke dalam mata. Sebelum kita membeli kacamata anti radiasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar setelah membeli memang sesuai dengan apa spesifikasi yang diinginkan.

  • Memilih Lensa

Lensa normal berukuran OD/R=0, OS/L=0, dalam ukuran netral dan tidak mengganggu penglihatan. Jadi pada dasarnya kacamata murah tidak di ukur tingkat kenetralan lensa, kehalusan permukaan lensa, dan kesejajaran titik pusat. Karena bisa menyebabkan sakit mata, pandangan yang kabur, sakit kepala, pandangan berganda, dan dapat menimbulkan katarak serta tumor otak.

  • Bahan Cat Pada Frame

Banyak kacamata murah yang menggunakan cat yang tidak sesuai dengan standart yang ada dan terdapat bahan berbahaya di dalamnya. Ketika kita menggunakan kacamata dengan cat berbahaya tentunya dapat menyebabkan kulit Anda gatal–gatal, iritasi, bahkan terkena kanker.

Ciri Kamata Anti Radiasi Asli atau Palsu

Berikut ini ciri kacamata antiradiasi asli atau palsu versi kami

1. Lensa

Kacamata anti radiasi yang asli memiliki lensa yang tersusun dari logam pelapis yang dapat menahan datangnya radiasi dari kedua sisi lensa. Kemampuan lensa tersebut dalam menahan radiasi berkisar antara 60% hingga 100% tergantung dari bahan logam pelapisnya, yang mampu menahan atau menangkis adanya gelombang elektromagnetiknya. Selain itu kacamata anti radiasi memiliki susunan yang dapat mencegah adanya listrik statis serta anti-fouling dalam waktu yang bersamaan.

2. Senyawa yang terkandung

Dalam kacamata anti radiasi yang asli terdapat senyawa logam listrik yang membuat lensa menjadi anti radiasi.

3. Lapisan kacamata

Kacamata anti radiasi juga tersusun dari lapisan anti silau yang dapat melindungi mata dari cahaya yang menyilaukan mata. Terdapat juga lapisan keras pada kacamata asli yang tentunya menjadi pembeda dari kacamata palsu. Kacamata anti radiasi juga tersusun dari logam pelapis anti air yang tentunya dapat membuat kacamata anti radiasi anti air tahan air.

4. Warna lensa kacamata

Untuk kacamata anti radiasi asli jenis photogrey. Kacamata tersebut akan berwarna bening ketika di dalam ruangan sedangkan ketika di luar ruangan warnanya menjadi gelap (hitam atau abu-abu).

5. Test sinar laser

Dan yang terakhir untuk membedakan kacamata anti radiasi asli atau palsu ketika membeli kacamata tersebut terlebih dahulu ditest memakai laser. Apabila disorotkan pada kacamata biasa maka akan tembus biasa, tetapi jika disorotkan pada lensa antiradiasi maka sinar biru itu tidak akan tembus masuk.

Sebenarnya untuk membedakan kacamata anti radiasi asli atau palsu sangatlah mudah. Yakni cukup dipakai saja. Jika kacamata anti radiasi asli, misalkan melihat lampu maka kita dapat melihat lampu yang menyala tanpa ada sinar sinar di samping lampu itu. Akan tetapi jika kacamata anti radiasi palsu maka masih cukup menyilaukan mata.

Hal-hal tersebut memang terlihat dasar bisa dijadikan pengetahuan apalagi bagi anda yang memang akan membeli kacamata anti radiasi. Namun point yang paling penting adalah jika ingin sesuai dengan kebutuhan maka konsultasikan dengan dokter anda atau pihak yang memang sudah expert dalam hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih